Memudarnya Bahasa Bali



Penggunaan bahasa Bali di kalangan remaja Bali sepertinya sudah agak berkurang, penggunaan bahasa Bali telah digeser oleh bahasa Indonesia dan bahasa asing. Anak muda merasa lebih percaya diri bila dalam pergaulan sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia, apalagi sekarang generasi muda kita berlomba-lomba untuk mempelajari bahasa asing. Maka tidak mengherankan jika sekarang ini kebanyakan generasi muda Bali tidak bisa berbahasa Bali halus.
Para orang tua juga mendidik anaknya berbahasa Indonesia dari sejak kecil, sehingga sampai dewasa hal itu akan dibiasakan. Seharusnya orang tua mengajarkan bahasa Bali sejak dini agar bahasa Bali tidak punah. Kebanyakan para remaja zaman sekarang lebih sering menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa asing dan mereka malah melupakan bahasa ibunya sendiri.
Para remaja menganggap pelajaran bahasa Bali sepele padahal sangat penting bagi kita untuk menerjemahkan lontar-lontar yang merupakan warisan dari nenek moyang kita. Orang tua sangat berperan untuki mengajarkan berbahasa Bali kepada anak-anaknya. Marilah kita melestarikan budaya Bali dengan berbahasa Bali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Conto Pidarta Bali

Biografi Dalang Cenk Blonk (Nardayana)