Asta Brata



AGAMA HINDU

Berikut adalah pengertian Asta Brata secara singkat:

۞   Tipe kepemimpinan menurut Asta Brata;
1.       Indra Brata artinya seorang pemimpin hendaknya dapat menciptakan kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyatnya.
2.       Yama Brata artinya seorang pemimpin harus bersifat objektif, tegas dan tanpa pandang bulu dalam memberikan hukuman sesuai dengan kesalahan yang diperbuat.
3.       Surya Brata artinya seorang pemimpin hendaknya mampu memberikan penerangan menyeluruh dan merata, serta tak tergesa-gesa dalam mengambil suatu keputusan.
4.       Candra Brata artinya seorang pemimpin hendaknya dapat menampilkan wajah yang berseri-seri dan lemah lembut sehingga dapat menyejukan hati masyarakat.
5.       Bayu Brata atau Nila Brata artinya seorang pemimpin hendaknya mengetahui masyarakat yang sebenarnya.
6.       Kwera Brata atau Dana Brata artinya seorang pemimpin hendaknya mampu mengatur keuangan dan juga harus cermat, teliti dan mampu menampilkan diri dalam bertindak, berpakaian dalam kegiatan sehari-hari.
7.       Baruna Brata artinya seorang pemimpin hendaknya mampu melenyapkan segala hal-hal yang menggangu masyarakat dan memiliki pengetahuan yang luas sehingga dapat memecahkan setiap masalah yang ada.
8.       Agni Brata artinya seorang pemimpin hendaknya memiliki jiwa pemberani dalam menghadapi rintangan-rintangan dan dapat membangkitkan, mengobarkan semangat bawahannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Conto Pidarta Bali

Biografi Dalang Cenk Blonk (Nardayana)